Screen

Profile

Direction

Menu Style

Cpanel
Aspirasi Inspirasi Dengan TIK, Pembelajaran Efektif

Dengan TIK, Pembelajaran Efektif

Bapak Ahmad Rifani adalah satu dari guru yang naik podium untuk semua ajang lomba (Web Sekolah, Blog Guru dan Media Pembelajaran) pada perhelatan Gebyar TIK 2013 beberapa waktu lalu.  Bersama dua guru Kalsel yang lain, pada akhirnya menjadi tiga dari 10 finalis untuk lomba media pembelajaran tingkat nasional.  Dan Alhamdulillah beliau berhasil membawa nama kalsel dengan menyabet Juara III pada ajang yang diadakan oleh Pustekkom – Kemdikbud ini.

 

Kami mencoba melakukan wawancara dan bertukar pikiran dengan beliau, yang sekiranya kita nanti dapat mengambil manfaat dan berbagi pengalaman untuk perkembangan dan pemanfaatan TIK Pendidikan di Kalsel ke depannya.

Berikut wawancara kami dengan beliau?

Selamat Pagi Pak, apa kabarnya?

Baik, Alhamdulillah

Bagaimana momen awal anda mulai memanfaatkan TIK untuk pendidikan? Apakah motivasi anda saat itu?

Semua berawal dari hobi saya browsing internet, dari sanalah saya banyak tahu tentang aplikasi-apilkasi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang profesi saya sebagai pendidik.  Seorang pendidik tentu ingin kegiatan pembelajaran yang dilaksanakannya di kelas berhasil, berbagai cara dilakukan, termasuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran dan Alhamdulillah mendapat respon yang sangat positif dari siswa.  Dengan memanfaatkan TIK, KBM jadi lebih efektif, dan siswa jadi lebih antusias dalam belajar.

Apa pelajaran dari babak final Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional beberapa waktu lalu, terutama pada tahap penjurian, yang bisa kita bagi pengalamannya untuk rekan guru yang lain?

Terpilih untuk mengikuti final Lomba Media Pembelajaran Tk.Nasional tentu sebuah pengalaman yang sangat berharga dan tidak saya duga sebelumnya. Menghadapi juri Tingkat Nasional pada saat presentasi media tentu menimbulkan grogi, namun dengan persiapan yang cukup dan tampil tanpa beban, rasa gugup akan berangsur hilang, dan tahap tahap penjurian akan mengalir begitu saja. Dan tetap percaya diri terhadap karya kita, jangan terpengaruh dengan karya-karya peserta lain yang mungkin terlihat lebih canggih, intinya jangan menyerah sebelum bertanding.

Sebagai perwakilan dari rekan guru-guru yang lain, apa pesan, saran ataupun kritik anda dalam pelaksanaan Gebyar TIK?

Gebyak TIK selama ini  saya kira sudah sangat bagus, agar mampu memotivasi para guru dalam memanfaatkan TIK dalam KBM yang hasil akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Kalsel. Yang perlu jadi perhatian BTIKP dalam pelaksanaan Gebyar TIK yang akan datang adalah perlunya sosialisasi yang lebih intensif kepada guru-guru di daerah, mungkin bisa dengan datang langsung ke beberapa KKG atau MGMP dan memberikan informasi secara lebih mendalam.   Karena saya yakin sangat banyak guru-guru kita yang sudah memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, namun maih kurang percaya diri untuk mengikutsertakannya dalam lomba.

Mungkin anda bisa memberi sebuah kalimat yang bisa memberikan inspirasi lebih untuk rekan guru yang lain guna memanfaatkan TIK untuk pendidikan?

“ Guru pakai TIK……Pembelajaran jadi Efektif”

Apa hambatan terbesar anda dalam menggunakan maupun memanfaatkan TIK untuk pendidikan? dan bagaimana anda mensolusikannya?

Hambatan yang saya temui dalam pemanfaatan TIK adalah kelengkapan sarana dan prasarananya, dimana peralatan TIK di sekolah saya masih dipakai secara bergantian dan belum dapat dipasang secara permanen di kelas. Namun, dengan komunikasi yang baik sesama warga sekolah hal tersebut dapat teratasi.

Konten Anda telah termuat di portal e-learning rumahbanjar.org, apakah ada beberapa konten lagi yang bisa anda bagikan dan kembangkan bersama untuk ke depannya?

Ya…masih ada beberapa konten lagi yang akan saya bagikan dan pernah saya gunakan di kelas, mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan pendidik.

 

Profil

Nama :

Ahmad Rifani, S.Pd

TTL :

Martapura, 8 Februari 1981

Pendidikan :

S1 PGSD

Pengalaman Mengajar :

- Guru Kelas di SDN Kuin Kecil Kec. Aluh-Aluh Kab. Banjar ( 2003-2010)

- Guru Kelas di SDN Jawa 2 Kec. Martapura Kab. Banjar ( 2010 – sekarang)

Mata pelajaran yang diampu :

Guru Kelas

Pengalaman Narasumber :

- Guru Pemandu KKG

Pengalaman Pelatihan yang pernah diikuti :

- Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (ToT) Tahun 2010 di Banjarmasin Thn 2010

- Bimtek Peningkatan ICT bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bogor Thn 2011

- Diklat Pengembangan dan Pemanfaatan  Pusat Sumber Belajar Berbasis ICT Bagi SD/MI di Banjarmasin 2012

- Bimtek ICT untuk pembelajaran Matematika di Yogyakarta Thn 2012

Prestasi :

- Juara II Lomba Media Pembelajaran  Jenjang SD Tk. Provinsi

- Juara Harapan I Lomba Website Sekolah Tk. Provinsi

- Juara Harapan II Lomba Blog guru Tk. Provinsi

- Juara III Lomba Media Pembelajaran Tk. Nasional

- Juara I Mathematic Inovation Competition (MATIC) 2012

Media Pembelajaran/Konten yang sudah dirilis/dibuat :

- Hubungan akhluk Hidup dan Lingkungannya

- Keliling dan Luas Bangun Datar

- Alat Pencernaan Manusia

- Mencari FPB dan KPK

- dll

Alamat Blog :

www. penggarisku.blogspot.com

 

 

Jejaring Sosial